Cara Mudah dan Cepat Password Folder Agar Tidak Bisa di Akses


Setiap user atau pengguna pasti mempunyai dokumen rahasia yang tidak seharusnya diakses oleh pengguna lain. Memberikan keamanan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang wajar agar data penting kita tidak diketahui oleh orang lain. Berikut ini saya akan mengulas cara untuk mengunci folder dengan “password” atau kata sandi pada Windows, khususnya untuk pengguna Windows 10, guna melindungi dokumen pengguna dari akses tangan nakal yang suka jahil.
Sistem Operasi Windows 10, seperti yang diketahui, tidak menyediakan pilihan untuk mengunci folder pada pengaturan bawaan, namun kita sebagai pengguna dapat menggunakan cara manual untuk melakukannya. Pada artikel ini, saya akan mencoba mengulas dengan menggunakan bantuan skrip BAT, berikut langkah-langkahnya :
Mengunci Folder dengan ‘Password’ pada Windows: Menggunakan Skrip BAT
Cara awal untuk mengunci folder dengan password pada sistem Windows, dengan menggunakan skrip BAT. Cara melakukannya akan melibatkan bantuan aplikasi Notepad.
Langkah 1: Tentukan terlebih dahulu folder yang ingin digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yang ingin dikunci dan diberi password. Pada kasus ini, sebagai contoh, saya akan menggunakan folder SAYA yang terletak di direktori Desktop.



Langkah 2: Buatlah dokumen teks baru pada folder tersebut. Kamu dapat membuatnya dengan melakukan klik kanan di area kosong dalam folder, lalu pilih New > Text Document.

Langkah 3: Pada dokumen yang baru saja dibuat, anda buka dokumen tersebut lalu tempelkan kode berikut:


cls
@ECHO OFF
title Pengunci Folder
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Apa kamu ingin mengunci folder ini? (Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Pilihan yang kurang tepat.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder berhasil terkunci
goto End
:UNLOCK
echo Masukkan kata sandi untuk membuka folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==halo goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder berhasil dibuka.
goto End
:FAIL
echo Kata sandi salah.
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker berhasil dibuat
goto End
:End
Pada kode tersebut, kamu dapat mengubah bagian katasandi_kamu dengan password sesuai keinginan untuk mengunci folder.
Langkah 4: Setelah kode selesai ditempelkan dan password telah diubah, simpan dokumen tersebut dengan format .BAT.
Pengguna dapat melakukannya dengan mengklik menu File, lalu pilih Save As. Setelah itu, pada bagian “File name,” isikan nama sesuai dengan yang diinginkan, dengan disertai ekstensi .bat pada bagian belakang nama. Pada bagian “Save as type,” pilih All Files. Lalu, klik Save.
Pada kasus ini, sebagai contoh, saya menyimpannya dengan nama Pengunci.bat, sesuai dengan yang terlihat pada tangkapan gambar di atas.

Langkah 5: Jalankan berkas .bat yang baru saja dibuat. Setelah berhasil dijalankan, folder Locker akan dibuat secara otomatis.

Langkah 6: Masukkan berkas-berkas atau dokumen rahasia yang ingin dikunci pada folder Locker yang baru saja dibuat.

Langkah 7: Setelah itu, jalankan lagi berkas .bat yang baru saja dibuat.
Jendela konfirmasi kemudian akan muncul. Ketik Y untuk melanjutkan, dan mengunci folder. Setelah berhasil, folder Locker yang berisi dokumen rahasia pengguna akan disembunyikan.

Langkah 8: Untuk mengaksesnya kembali, cukup jalankan berkas .bat yang baru saja dibuat, lalu masukkan password yang telah ditentutkan. Kemudian, tekan Enter.
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN
Folder terkunci yang tadinya disembunyikan, kini akan diperlihatkan kembali. Pengguna, selain itu, kini juga dapat mengaksesnya, beserta dengan berkas dan dokumen-dokumen yang tersimpan di dalamnya.
Perhatikan: Berkas .bat yang digunakan untuk mengunci folder dapat diedit kembali. Pengguna lain yang juga familier dengan skirp BAT dapat melihat password yang ditentukan, bahkan juga dapat mengubahnya.
Saya menyarankan agar pengguna juga menyembunyikan berkas .bat tersebut. Pengguna dapat menyembunyikannya dengan mengklik kanan berkas .bat, lalu pilih Properties, lalu centang kotak pilihan Hidden, dan klik Save.
Pengguna juga tidak dapat mengubah nama folder Locker seperti biasa. Pengguna dapat melakukannya dengan mengubah bagian pada kode skrip .bat yang menentukan nama folder tersebut. Pengguna, selain itu, juga tidak dapat memindahkan berkas .bat yang baru saja dibuat agar folder yang terkunci dapat tetap bekerja, dan dapat diakses kembali.


Cara Mudah dan Cepat Password Folder Agar Tidak Bisa di Akses Cara Mudah dan Cepat Password Folder Agar Tidak Bisa di Akses Reviewed by Pak Gulo on Juni 23, 2020 Rating: 5

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.