Cara Hacker Beraksi : Menjebol (Cracking) Password

Cara hacker beraksi yang cukup sering dipakai adalah dengan menjebol password secara paksa. Cara ini walaupun tidak elegan tetapi terbukti cukup efektif dilakukan dan ternyata banyak sekali korban yang terkena oleh teknik ini.




Trik yang biasa dipakai oleh para hacker dalam teknik ini adalah dengan memakai kamus dan memakai metode brute force (coba satu-satu / urut kacang) dengan bantuan software khusus untuk “menebak” username dan password seseorang. Dengan memanfaatkan kamus yang berisi ribuan kata dan cara pengecekan kombinasi dengan software khusus, maka seorang hacker dapat dengan mudah mengetahui kombinasi username dan password seseorang.

Cara Hacker Beraksi : Proteksi Diri Anda


Lalu bagaimana caranya supaya diri kita terlindung dari metode hacking seperti ini?
Cara yang dapat kita lakukan ada dua, yaitu : [a] memperkuat sistem pertahanan website supaya jika ada orang yang terdeteksi mencoba menjebol password akan diblock secara otomatis, dan [b] dengan mengubah password yang kita gunakan menjadi lebih sulit dari sebelumnya.
Untuk yang cara pertama, Anda harus menghubungi administrator website yang Anda anggap perlu meningkatkan keamanannya. Cara yang ini memerlukan waktu lebih lama (tetapi penting) sebab Anda harus menunggu respon administrator website dan menunggu mereka untuk mengupgrade website mereka.
Untuk cara yang kedua, Anda bisa melakukannya dengan lebih cepat dan mudah. Misalnya dengan mengganti kata yang biasa dipakai sehari-hari dalam password Anda dengan kata-kata yang lebih sulit dan tidak ada di kamus supaya tidak mudah ditebak, dan juga digabung antara huruf besar, huruf kecil, angka dan tanda baca. Misalnya, dari superman123 menjadi #S03Perm4n_T3r8@ng!
Demikian kira-kira yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa cara hacker beraksi yang biasa digunakan oleh hacker untuk menjebol data seseorang dan juga tips untuk mengatasinya serangan mereka. Semoga sedikit share dari kami ini bermanfaat untuk Anda dan juga (jika Anda terapkan) semoga bisa mencegah para hacker dari merusak dan menyalahgunakan data-data penting yang Anda miliki.


Cara Hacker Beraksi : Menjebol (Cracking) Password Cara Hacker Beraksi : Menjebol (Cracking) Password Reviewed by Pak Gulo on Juli 15, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.